Variasi Prospek Bisnis Pasca Covid-19

  • -

Variasi Prospek Bisnis Pasca Covid-19

Menurut Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia awal Maret 2022, sektor perjalanan dan pariwisata global berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan $8,6 triliun output ekonomi tahun ini 2022, 6,4 persen lebih rendah dari sebelum COVID-19 melanda.

Bahkan ketika permintaan untuk perjalanan meningkat, bisnis di seluruh industri menyadari bahwa mereka tidak dapat kembali ke bisnis seperti biasa. Perusahaan yang berhasil perlu mengkalibrasi ulang, mengatur ulang, dan bekerja lebih cerdas, bukan hanya lebih keras, karena faktor-faktor seperti perubahan kebiasaan konsumen, lanskap persaingan industri yang berkembang, dan perkembangan teknologi baru.

Pendekatan digital- akan sangat penting. Digitalisasi, melalui penggunaan analitik canggih, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin, memungkinkan perusahaan perjalanan menemukan kembali diri mereka sendiri dengan model operasi inovatif dan metrik keberhasilan baru.

Pertanyaannya ialah bagaimana merek dan operator perjalanan dapat memikirkan kembali, menata ulang, dan mereformasi ekosistem perjalanan dalam kenormalan baru ini?

*Awal Maret 2022, diberitakan di Australia, hampir 60 penerbangan dijadwalkan mendarat di Australia dalam 24 jam pertama setelah pembukaan kembali perbatasan negaranya. TV Australia telah menayangkan klip reuni emosional antara anggota keluarga dan teman yang terpisah selama hampir dua tahun.
Kta perhatikan,Pemerintah Australia telah dengan hati-hati melonggarkan pembatasan perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir karena keberhasilan kampanye imunisasi.
Di Madagaskar telah banyak dikabarkan Hotel Baru telah berkembang.
Para pejabat mengatakan bahwa 94,2% penduduk di atas usia 16 tahun telah divaksinasi penuh.

*Dari waspada COVID menjadi percaya diri
“Kami beralih dari waspada terhadap COVID menjadi percaya diri terhadap COVID dalam hal bepergian,” kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison dikutip media.
Israel pun terbuka untuk turis yang divaksinasi dan tidak divaksinasi.
Sekarang turis dari segala usia dapat memasuki negara itu dengan dua tes PCR negatif (satu sebelum keberangkatan dan yang kedua setelah mendarat di Israel.)

*Eh,Italia segera membangun desa.
Bukan di Indonesia saja. Di Italia, telah tersebar berita bulan Maret yll. sebanyak 250 desa akan diluncurkan kembali, setelah dipertimbangkan oleh Rencana Pemulihan dan Ketahanan Nasional (NRRP)negeri itu. Desa-desa tersebut dinilai berisiko akan ditinggalkan penduduknya. Akan disediakan biaya 420 juta euro untuk menumbuhkan kembali 21 desa yang diidentifikasi oleh daerah dan provinsi otonom dan 580 juta euro untuk setidaknya 229 desa yang dipilih oleh publik. Pada akhir pekan terakhir bulan Mei, Fondo Ambiente Italiano (FAI), National Trust for Italy, akan berkolaborasi dengan masing-masing wilayah untuk menceritakan kisah 21 desa tersebut.

“Dua puluh satu desa itu akan hidup kembali. Mekanisme yang diinginkan oleh Kementerian Kebudayaan telah membawa daerah untuk mengidentifikasi proyek-proyek ambisius yang akan memberikan panggilan baru ke tempat-tempat indah. Kita harus menjalankan NRRP; ada jadwal waktu yang ketat, dan kami menghormatinya,” kata Menteri Kebudayaan Italia, Dario Franceschini.

Koordinasi yang luas telah dibentuk. Sang Menteri berbicara pada presentasi dengan Presiden ANCI, Antonio Decaro; Presiden Konferensi Daerah dan Provinsi Otonom, Massimiliano Fedriga; Koordinator Komisi Kebudayaan pada Konferensi Daerah, Ilaria Cavo; dan Profesor Giuseppe Roma, anggota Komite Nasional Desa dari MIC, mereka hadir.

[14.45, 6/4/2022] Ahmad Fajar: “Tujuan dari rencana Borghi yang dibayangkan oleh NRRP,” lanjut Menteri, “adalah untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berkualitas dan mendistribusikannya ke seluruh negeri. Ini adalah titik awal untuk ide ini yang kemudian dikembangkan melalui diskusi dengan daerah, ANCI [Asosiasi Nasional Kota Italia] dan Komite Borghi.

“Kami meminta daerah untuk memilih desa di wilayah mereka dengan karakteristik ini yang akan dibiayai dengan 20 juta euro, ” kata dia semakin meyakinkn, make them visitable. The resources will be used for the establishment of new functions, infrastructures, and services in the field of culture,
[14.46, 6/4/2022] Ahmad Fajar: Di Indonesia memang terdapat gejala yang menarik. Menteri Pariwisata yang saat ini sangat akif, dialah yang mengajukan pertama kali gagasan dan wawasan agar Indonesia mengembangkan pariwisata dengan strategi focus membangun pariwisata desa,

Tapi dia juga akan terjun pada pencalonan Presiden tahun 2024. Kesibukan untuk itu umumnya diperkirakan akan mulai tahun depan 2023. Di kalangan bisnis pariwisatapun mulai beredar pertanyaan publik yang menaruh perhatian,….Mana nanti yang akan lebih kuat tarikan geraknya? Antara menuntaskan gagasan wawasan pariwisata desa untuk Indonesa yang telah dilahirkan sekaligus untuk dunia, oleh sang Menteri Pariwisata sendiri ataukah akan lebih menguras peluangnya untuk memenangkan pemilihan Presiden R.I.?Apa tanggapan Anda?Semakin diperlukan kejelian Anda untuk mengarahkan bisnis sedari sekarang di bidang pariwisata ini.**

Penulis : Arifin Hutabarat

Sumber Image : BeritaSatu.com