Pariwisata Global Diproyeksi Bangkit ke Masa Pra Pandemi pada 2023

  • -

Pariwisata Global Diproyeksi Bangkit ke Masa Pra Pandemi pada 2023

Jakarta, CNN Indonesia — World Travel and Tourism Council (WTTC) memprediksi pariwisata global kembali ke masa sebelum pandemi pada 2023.
Mengutip Reuters, Kamis (21/4), Direktur WTTC Julia Simpson mengatakan perkembangan sektor pariwisata berpotensi menyalip pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dunia tahun depan.

Ia memperkirakan sektor pariwisata tumbuh rata-rata 5,8 persen mulai tahun ini sampai 2032 mendatang. Angkanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang hanya 2,7 persen.

Menurut Simpson, sektor pariwisata akan menciptakan 126 juta pekerjaan baru.

“Pemulihannya akan sangat luar biasa sehingga akan pulih dengan sangat kuat. Ini tentu saja tergantung pada pembukaan kembali China,” kata Simpson.

Saat ini, China masih terus menerapkan lockdown di tengah lonjakan kasus covid-19. Hal itu berdampak negatif untuk perdagangan global hingga perjalanan domestik dan internasional.

WTTC memperkirakan PDB industri perjalanan dan wisata mencapai US$8,35 triliun pada tahun ini dan meningkat US$9,6 triliun pada tahun depan atau ke tingkat sebelum pandemi.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/