Menparekraf Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi dalam Kembangkan Usaha

  • -

Menparekraf Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi dalam Kembangkan Usaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku UMKM tanah air untuk selalu meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam upaya mengembangkan usaha.

Menparekraf Sandiaga dalam diskusi “Kajian Ekonomi Series 4: #Inisaatnya UMKM dan Anak Muda Berdaya Saing Global” yang disiarkan secara daring, Selasa (26/4/2022), mengatakan, di tengah masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19 yang dihadapi Indonesia dan dunia saat ini, para pelaku UMKM tidak boleh menyerah terhadap keadaan. 

“Jangan menyerah itu berarti berani mengambil risiko,” kata Sandiaga.

Risiko tersebut, lanjut Sandiaga, perlu diambil untuk berinovasi dan beradaptasi dalam menjalankan usaha dan menghasilkan produk-produk UMKM yang berkualitas dan berkelanjutan. 

“Pelaku UMKM perlu berinovasi dengan ide-ide baru serta rajin berkolaborasi dengan pihak-pihak pentahelix,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga mengajak para pelaku UMKM untuk ikut berkontribusi dalam perekonomian nasional. Sehingga peluang usaha baru dan lapangan kerja bagi masyarakat bisa terbuka lebar.

“Kita jangan pernah menyerah untuk menebarkan berkah, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, memberdayakan UMKM, dan juga terus berkontribusi untuk perekonomian nasional. Yang utama itu, kalau dalam berbisnis kita jujur, insyaallah bisnis kita akan laris dan barokah,” ungkap Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama Musisi Rian Ekky Pradipta atau lebih dikenal Rian d’Masiv juga berpesan agar pelaku UMKM harus punya mimpi untuk mengembangkan usaha hingga go international. “Jangan takut untuk bermimpi, karena mimpi itu bisa kita wujudkan jika kita terus berusaha dan berdoa,” kata Rian.

Diskusi ini juga dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Selliane Halia Ishak serta sejumlah perwakilan pelaku UMKM.

Sumber : https://kemenparekraf.go.id/